UnforgettableMemories

Mybelovedfamily Slideshow: 'Ntha’s trip from Jakarta, Jawa, Indonesia to 2 cities Surabaya and Banten was created by TripAdvisor. See another Indonesia slideshow. Create a free slideshow with music from your travel photos.

Asmaul Husna

The Inspiring Quote

"Apabila engkau merasa letih karena berbuat kebaikan, maka sesungguhnya keletihan itu akan hilang dan kebaikan akan terus kekal.
Sekiranya engkau bersenang-senang dengan dosa, maka sesungguhnya kesenangan itu akan hilang dan dosa yang dilakukan akan terus kekal."
(Umar bin Al-Khathab)

Tuesday, November 12, 2013

Pertemanan Klise

Dalam pertemanan, orang saling berbeda pendapat adalah hal yang lazim. Berbeda pendapat dan saling menghormati cara pikir tanpa perlu mengumbar-umbar perbedaan itu dengan pihak lain. Cukup saling tahu dan saling mengerti. That’s all.

Tapi ternyata arti pertemanan seperti itu tidak bisa diaplikasikan dalam lingkungan kerja. Saat perbedaan pendapat mengemuka, maka perbedaan pendapat tersebut dapat dijadikan bahan untuk mendiskreditkan orang lain, meski pada kenyataannya adalah temannya sendiri. Perbedaan tersebut dijadikan ajang pembenaran suatu komunitas yang terdekat dengan menjadikannya bahan diskusi dari belakang  bersama modal pembenaran diri mereka tanpa perlu melihat alasan dari pendapat orang yang bersangkutan. Dan otomatis, orang yang tidak begitu dekat dengan komunitas tersebut, yang nota bene-nya orang yang memiliki perbedaan tersebut menjadi pecundang yang dicibir secara diam-diam. Dan tidak bisa dipungkiri…that’s the real life.

Akan sangat sulit menemukan pertemanan yang akan saling mem-back up dalam sebuah lingkungan kerja. Banyak orang berfikir benar dalam pola pikir mereka sendiri. Bahkan bila beberapa kepala memiliki pola pikir yang saling mendekati, dipastikan orang yang berbeda hanya akan menjadi bahan olokan yang tidak berkesesuaian dengan mereka. Dan disinilah nilai pertemanan menjadi klise dan lebih cenderung penuh kepalsuan. Bersikap menjadi teman saat didepan, namun dibelakang ketidaksesuaian tersebut dapat menjadi bumbu penikmat yang mengasyikan dalam menegakkan kebenaran pola pikir mereka, bahkan hingga mempengaruhi orang lain yang tak ikut masuk dalam perdebatan untuk ikut berkoalisi meletakkan orang tersebut menjadi sosok satu-satunya orang yang paling tepat untuk disalahkan di setiap sisi mana pun. And…that’s life…the real life. Be careful! ;)

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Pages