The Inspiring Quote

"Apabila engkau merasa letih karena berbuat kebaikan, maka sesungguhnya keletihan itu akan hilang dan kebaikan akan terus kekal.
Sekiranya engkau bersenang-senang dengan dosa, maka sesungguhnya kesenangan itu akan hilang dan dosa yang dilakukan akan terus kekal."
(Umar bin Al-Khathab)

Friday, August 31, 2007

Arti Sebuah Nama












Ada pepatah mengatakan apalah arti sebuah nama. Namun aku berfikir bahwa nama akan menjadi do'a yang setidaknya menyertai sang anak sepanjang hidupnya. Disaat orang tua tidak bisa lagi menyertai, do'a itu akan selalu ada mengiringi kehidupan sang anak kelak. Hal ini baru menyentakku pada saat melahirkan anak kedua, dimana aku begitu memikirkan nama yang ingin hias dalam perjalanan hidupnya. Anak keduaku bernama ZAHWA RABBANI SALSABILA, yang terlahir pada tanggal 05 Desember 2004. Aku berharap dengan anak perempuanku ini dapat menjadi seseorang yang berilmu sempurna yang akan masuk ke dalam mata air surga.




Nama anak ketigaku juga memiliki do'a yang kusertakan. Sesuai dengan cerita sebelumnya, yaitu YASIR NABHAN MUSTAGHFIRIN.




Nah, anak pertamaku yang masih menggelitik pikiranku. Sebagai anak pertama, aku dulu masih bingung dengan pilihan nama yang begitu banyak, dan secara tiba-tiba aku ditanyai bidan tentang nama sang anak ketika sedang mengimunisasi pertama kalinya. Karena kebingungan aku memberikan nama Muhammad Oktaviansyah, karena dia terlahir pada tanggal 05 Oktober 2001. Aku tahu bahwa nabi Muhammad adalah nabi yang sangat mulia, namun aku kurang sreg dengan mengkombinasikan nama beliau dengan oktaviansyah, apalagi beberapa orang mengatakan bahwa okta itu keras dan kepala batu. Antara percaya dan tidak percaya, tapi selama ini semua terlihat jelas. Bahkan anak yang paling keras dan sering bermasalah diantara adik-adiknya. Maka aku berembuk dengan suamiku untuk mengubah namanya menjadi nama Islam yang utuh, yaitu MUHAMMAD YUSUF ALKHWARIZMI. Kami berharap dia bisa menjadi mengikuti suri tauladan nabi Muhammad dan nabi Yusuf, dan dapat menjadi tokoh besar dalam bidang IT yang bisa berguna bagi bangsa dan negaranya kelak.




Itu adalah nama anak-anakku saat ini. Pepatah bisa saja mengatakan apalah arti sebuah nama. Namun bagiku, nama adalah sebuah do'a yang akan selalu menyertai sepanjang hayat. Dan dari sebuah buku yang pernah kubaca, bahwa salah satu durhaka orang tua terhadap anak adalah dengan tidak memberikan nama Islam yang mengandung do'a terhadap anak. Amin...

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Pages