The Inspiring Quote

"Apabila engkau merasa letih karena berbuat kebaikan, maka sesungguhnya keletihan itu akan hilang dan kebaikan akan terus kekal.
Sekiranya engkau bersenang-senang dengan dosa, maka sesungguhnya kesenangan itu akan hilang dan dosa yang dilakukan akan terus kekal."
(Umar bin Al-Khathab)

Monday, October 13, 2008

A Valuable Learning from my son

Suatu hari Okta pulang sekolah, dan bercerita tentang pelajaran Bahasa Inggris yang baru dipelajarinya. He has just learned about family. Mother, father, sister, brother, and cousin.
"Ma, kalo cousin itu apa?"
"Cousin itu saudara sepupu."
"Saudara sepupu itu seperti apa, ma?"
"Yah, anak-anaknya saudara mama dan ayah. Kalau tante Ade dan om Abeng punya anak, berarti anaknya, saudara sepupu Okta."
"O seperti Aini yang di Batam ya, ma?"
"Iya"
"Okta pengen punya saudara sepupu, ma!"
"Kan Okta memang punya saudara sepupu. Banyak, lho. Kalo dari mama, Okta punya tiga saudara sepupu. Kalo dari saudara ayah di Surabaya, Okta punya sebelas saudara sepupu."
"Kok, Okta ga pernah ketemu sama saudara sepupu Okta, ma?"
Dan aku terdiam, bungkam dan menghindar.

Tersentak aku sadar. Akankah kebencian yang tertoreh kepadaku akan memutuskan tali persaudaraan mereka. Biar bagaimana pun, mereka satu darah. Akankah sebuah kebencian juga diselimuti kepada anak-anakku yang tidak tau apa-apa.
Ya Allah, ini adalah bulan baik. Bulan dimana segala dosa dan ampunan diturunkan. Jika tiada maaf yang dikalungkan kepadaku, aku rela. Setidaknya, telah kulepaskan keegoisan ini. Apa yang ada dihatiku, hanya Engkau yang tahu. Hamba hanyalah manusia yang memiliki keterbatasan.
Betapa aku telah menjadi orang tua yang sangat bersalah. Akut telah menyajikan dunia yang begitu sempit terbentang mengelilingi anak-anakku. Mereka yang hanya tahu bahwa keluarga itu terdiri dari kakek, nenek, ayah, mama, tante, om dan anak. Hingga akhirnya mereka berkata, "Mom, I want to have cousin."
I wish I could, sweetheart. But I couldn't make you get together each other. Cause, we have already promised to do what she wanted in her letter for me a few years ago. A letter that contained something which had ever hurt our pride. But it was a long time ago. Until, I accept the contain of that letter sincerely. What is the meaning of human pride? It's nothing. We are nothing in front of God. Pride will only bring us standing selfishly in facing this life. I don't want to be selfish person. And I give decision of this relation to God. Let it flows like the water flows.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Pages