UnforgettableMemories

Mybelovedfamily Slideshow: 'Ntha’s trip from Jakarta, Jawa, Indonesia to 2 cities Surabaya and Banten was created by TripAdvisor. See another Indonesia slideshow. Create a free slideshow with music from your travel photos.

Asmaul Husna

The Inspiring Quote

"Apabila engkau merasa letih karena berbuat kebaikan, maka sesungguhnya keletihan itu akan hilang dan kebaikan akan terus kekal.
Sekiranya engkau bersenang-senang dengan dosa, maka sesungguhnya kesenangan itu akan hilang dan dosa yang dilakukan akan terus kekal."
(Umar bin Al-Khathab)

Thursday, April 21, 2011

Memberi Sentuhan Artistik pada sebuah Photo



20 April 2011
Hari ini menjelajahi beberapa tutorial photoshop. Dua macam tutorial, tapi yang menarik hatiku hari ini adalah efek-efek photoshop yang memberikan sentuhan sebuah foto menjadi bentuk yang artistik dan unique.
Jika kuceritakan prosesnya satu persatu, pasti tidak akan terlalu jelas. Karena disini pure aku membuatnya dengan perasaan dan keinginan hatiku. Yang jikalau tak terlalu kusuka, maka otomatis akan ku-ctrl + z. Jika separuh proses perlu disatukan dengan ctrl+alt+shift+e, maka editan sebelumnya akan menghilang. Dan diikuti dengan penambahan efek-efek berikutnya. Tapi aku akan mencoba menggambarkannya dengan cara sederhana, yaitu sebagai berikut:


1. Buka image yang ingin diberi sentuhan efect.
2. Copy layer dengan Ctrl + J, lalu klik Filter – Distort – Ripple dan ubah menjadi 50%. Jadikan Multiply atau Darken.
3. Berikan sentuhan efek Filter – Distort – Wave, dan ubah preview sesuai dengan keinginan.
4. Copy kembali layer tersebut, lalu klik Gradient tool. Pilih Radial Gradient dengan sentuhan warna kemerahan, atau sesuai dengan yang diinginkan. Ubah Opacity menjadi 30 – 50%.
5. Copy layer lagi, lalu klik kembali Gradient tool. Pilih Radial Gradient dengan sentuhan warna lain sesuai dengan keinginan. Ubah Layer mode menjadi overlay atau atur opacity dari gradient.
6. Satukan semua layer tersebut dengan Ctrl + Alt + Shift + E.
7. Berikan sentuhan Filter – Brush Strokes – Crosshatch (Jika suka)
8. Berikan juga sentuhan Filter – Render – Lighting Effects, dan tentukan sendiri pencahayaan didalam foto.
9. Berikan sentuhan Filter – Noise – Add Noise, atur tampilannya noise sesuai dengan keinginan.
10. Simpan file dalam bentuk .jpg dan .psd.

Berikut beberapa hasil photos yang menggunakan keseluruhan atau sebagian dari prosedur proses pengeditan diatas.









No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Pages